Friday, September 19, 2014

Lapisan Ozon Tunjukan Tanda Pemulihan


Lubang pada lapisan ozon tampak di Antartika
Lapisan ozon yang melapisi bumi dari sinar ultraviolet penyebab kanker menunjukkan tanda-tanda penebalan setelah bertahun-tahun mengalami penipisan, seperti diungkapkan penelitian PBB.

Lubang ozone yang terlihat diatas Antartika juga berhenti membesar setiap tahun.
Laporan mengatakan dibutuhkan waktu satu dekade sebelum seluruh lubang tersebut akan menyusut.
Para ahli mengatakan pemulihan terjadi ditengah tekad politik untuk mengurangi gas CFC yang menghancurkan ozon.
Hasil studi ini dipublikasikan oleh para peneliti dari Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) dan Program Lingkungan PBB (UNEP).
"Aksi internasional terhadap laptsan ozone merupakan sebuah cerita masalah lingkungan yang sukses... dan ini harus mendorong kita untuk melakukan hal yang sama atau upaya yang lebih besar untuk mengatasi tantangan perubahan iklim," jelas Sekjen WMO Michel Jarraud.
Dr Ken Jucks dari badan luar angkasa AS Nasa mengatakan kepada BBC News, bahwa manusia "telah memulai melakukan sesuatu yang benar untuk mengembalikan atmosfir seperti sebelum dimulainya revolusi industri".
Para ahli belum dapat memastikan lubang itu akan pulih dengan sendirinya. Prof David Vaughan dari Seurvei Antarika Inggris BAS mengatakan hasil uji coba yang dilakukan organisasinya memberikan harapan baru terhadap penemuan WMO.
"Kami harus berhati-hati, tetapi ini tampaknya merupakan berita yang bagus," kata dia kepada BBC News. "Data kami dari Antartika membutuhkan proses beberapa pekan tetapi kami berharap dapat memastikan penemuan itu. Jika itu akurat, dapat menekan kekuasaan potensial dalam kesepakatan internasional."
Tetapi, sinyal yang baik dari lapisan ozon itu ternyata tidak diikuti oleh gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim. WMO mengatakan pada pekan ini gas rumah kaca di atmosfir mencapai rekor tertinggi.




Download Kumpulan Soal Penilaian Tengah Semester 2 [ PTS Genap ]
Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD/MI
Tahun 2020 Kurikulum 2013
klik disini *baru



Download Kumpulan Soal Ujian Semester 2 Tahun 2020 Revisi
Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD/MI Kurikulum 2013
klik disini *baru